Minggu, 21 Maret 2010

Peraslah Jeruk, Dan Jadikan Ia Minuman yg Manis"

part #1

Orang yg pintar dan terampil selalu bisa mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Sementara org yg tid ak terampil semakin mempersulit keadaannya, bahkan seringkali ia membuat dua malapetaka dari suatu perkara.
Rasulullah SAW. dipaksa utk meninggalkan Mekah, tetapi bukannya beliau berhenti berdakwah, justru beliau melanjutkannya di Madinah, kota yg mendapatkan pencerahan secepat kilat yg tercatat d alam sejarah.
Imam Ibnu Taimiyah pernah dipenjara. ketika keluar ia menjadi seorang yg jauh lebih pandai dari sebelumnya.
Oleh karena itu, jika anda ditimpa kemalangan, lihatlah sisi baiknya. Jika seseorang memberi anda segelas air jeruk masam, tambahkan gula secukupnya. dan Jika seseorang memberi anda ular sebagai hadiah, ambilah kulitnya yg berharga dan buanglah sisanya.

"Boleh jadi ka mu membenci sesuatu, Padahal Ia amat baik bagimu"
(al-baqarah [2] :216)

Sebelum terjadinya revolusi perancis, pemerintah saat itu telah memenjarakan dua org penyair yg brilian. salah satunya adalah org yg optimis, sementara org yg kedua adalah org yg pesimis. keduanya mel ongokkan kepala keluar jendela sel. Si optimis kemudian bisa melihat bintang dan tertawa, sedangkan si Pesimis meliha kotornya jalan dan dia menangis. Lihatlah sisi lain sebuah tragedi, di m ana keburukan murni tidak pernah ditemui. Dan dalam setiap keadaan, seseorang bisa saja menemukan kebaikan, keuntungan, serta pahala dari Allah.

1 komentar: